Rapat Umum Anggota Persada (Perhimpunan Alumni Jepang)

PERSADA.NEWS - Rachmat Gobel Kembali Pimpin Perhimpunan Alumni Jepang Sejumlah anggota Perhimpunan Alumni Indonesia dari Jepang atau PERSADA dari berbagai propinsi hadir pada acara Rapat umum Anggota yang dilaksanakan pada 15 Februari 2020. Kegiatan rapat umum tersebut dengan tema “ untukmu Indonesiaku” dilaksanakan di Auditorium Braha Wira Bhakti UniversitAS Darma  Persada di Jakarta berjalan penuh kekeluargaan.  Pada kesempatan Rapat Umum tersebut  PERSADA Sulsel dihadiri oleh tiga utusan yakni, Ketua Harian (Prof. Rudy Jamaluddin), Sekertaris (Prof Sri Rachma A.B.), dan Wakil Sekretaris (Dr. Dyah Yumeina Razak Datu).
        
        Rapat Umum Anggota Persada pusat memutuskan secara aklamasi dan memilih kembali Rachmat Gobel sebagai Ketua Umum Persada Indonesia , sebuah organisasi alumni dari Jepang, untuk periode 2020-2024.  Wakil Ketua DPR RI itu sebelumnya juga menjabat sebagai Ketua Umum Persada selama tiga periode, yakni 2007-2011, 2011-2015 dan 2015-2019. Sehingga, kali ini merupakan periode keempat bagi Gobel untuk memimpin Persada, sebuah organisasi yang telah berdiri sejak 1963.







       Dalam sambutannya, Gobel berharap agar daerah bersama Persada bisa memaksimalkan organisasi-organisasi pemerintah Jepang untuk mendorong perkembangan UMKM dan teknologi pertanian, peternakan  berbasis industri 4.0.  Beliau mengharapkan  Persada mengambil peran ke depan dengan membuat peta kekuatan  untuk  mendorong ekonomi, sosbud serta menjaga hubungan Indonesia-Jepang dengan mengirim tenaga kerja, memaksimalkan program sister city dll.     Pada tanggal 7 November 2020 Rahmat Gobel juga menerima penghargaan bergengsi dari Japan Foundation Award di Tokyo.  Penghargaan tersebut merupakan prestasi yang cukup tinggi karena diberikan oleh satu-satunya lembaga nir-laba yang didirikan Pemerintah Jepang. Japan Foundation didirikan pada 1972 dan didedikasikan khusus untuk mengenalkan budaya Jepang ke dunia internasional serta menjadi lembaga administratif independen di bawah naungan Departemen Luar Negeri Jepang.  Award diberikan kepada PERSADA atas dedikasi dan peran serta segenap alumni dari Jepang yang tergabung dalam PERSADA dalam mendorong kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dan Jepang melalui berbagai program pertukaran seni budaya, kerja sama pendidikan, dan pelatihan.  Beberapa alumni Jepang yang menjadi tokoh masyarakat dan menjabat posisi penting di pemerintahan antara lain mantan Ketua DPD RI Ginanjar Kartasasmita, Mantan Duta Besar Jepang Yusril Ihza Mahendra, mantan Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha dan Kepala BPPT Unggul Priyanto dan Gubernur Sulawesi Selatan, M.Nurdin Abdullah.   Beliau berpesan kepada para peserta Rapat umum untuk selalu memiliki semangat   Monozukuri yaitu semangat kreatif ala Jepang dalam menghasilkan produk yang berdaya saing kuat.  

        Monozukuri merupakan kata Jepang yang berasal dari kata "mono" berarti produk atau barang, dan "zukuri" berarti proses pembuatan, penciptaan atau produksi. Dalam pelaksanaannya, konsep ini memiliki implikasi yang jauh lebih luas daripada arti harfiahnya di mana terdapat semangat kreatif dalam menghasilkan produk unggul, serta kemampuan untuk terus menerus menyempurnakan proses.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Putri Dari Salah Satu Anggota Persada Sulsel Berhasil Menjuarai Lomba Esai

Pak Nurdin Abdullah Dilantik Menjadi Ketua Persada

PSM Unhas Peduli Covid19 Untuk Jepang